Palem Putri (Caryota Urens)

Palem Putri adalah palem kecil yang menyerupai versi kecil dari Roystonea regia atau palem raja. Palem ini memiliki batang tunggal berwarna abu-abu dengan bentuk ramping namun sedikit bengkak dibagian dasar batang. Palem putri termasuk suku Arecaceae (palem-paleman), yang merupakan tumbuhan pohon atau panjatan yang tak bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 20 m.

Tanaman palem putri (Caryota urens) adalah pohon palem yang tumbuh tinggi dan biasanya memiliki tunggul tunggal yang tinggi. Pohon palem putri tersebar luas di daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan, Asia Tenggara, serta beberapa bagian dari Australia.

CIRI-CIRI
Daunnya besar, menjari, dan berbentuk seperti payung. Batangnya tegak, tinggi, dan seringkali memiliki tekstur yang kasar. Di Indonesia, pohon palem puteri ini memiliki lebar tajuk mencapai 2 m, bahkan lebih dengan lebar setiap daun mencapai 1 m. Bentuk fisik daun palem putri mirip dengan palem raja hanya saja daunnya memiliki warna yang lebih hijau.

BUDI DAYA DAN HABITAT
Palem puteri ini termasuk ke dalam tanaman yang memiliki persyaratan tumbuh yang mudah. Tanaman ini suka dengan paparan sinar matahari penuh tanpa naungan dengan kondisi tanah yang agak berpasir tanpa perlu diairi setiap hari dan sedikit toleran terhadap tanah yang memiliki sedikit garam.

Namun palem puteri ini tidak cocok dengan tanah yang terus menerus basah dan liat. Palem putri juga cukup tolerir jika terjadi kekeringan sehingga sangat cocok tumbuh di dataran rendah yang beriklim tropis. Suhu udara yang diperlukan adalah 25-33 C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut.

Tanaman ini memiliki masa perkecambahan sekitar 1 sampai 3 bulan, namun pada saat perkecambahan dan pembibitan sebaiknya tanaman jangan terkena sinar matahari yang langsung.

MANFAAT
Sebagai tanaman hias yang indah di taman atau landscape, karena dapat ditanam sebagai pembatas atau barrier dari pandangan yang tidak menyenangkan. Jika disusun teratur dan rapih, palem putri dapat berfungsi untuk mengarahkan pengguna menuju lokasi tertentu. Selain untuk hiasan dan landscape, pohon ini juga digunakan dalam industri pembuatan gula dari getah batangnya.

TAKSONOMI

  • Kerajaan
    Plantae
  • Divisi
    Magnoliophyta
  • Kelas
    Liliopsida
  • Ordo
    Arecales
  • Famili
    Arecaceae
  • Genus
    Caryota
  • Spesies
    Caryota urens