Mangga (Mangifera Indica)

Pohon mangga adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari India, tepatnya di sekitar perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.

Nama "mangga" berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man "pohon mangga" + kay "buah". Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris), dan lainnya.

Di Indonesia, pohon mangga yang banyak ditanam adalah mangga arumanis, golek, gedong, manalagi dan cengkir dan Mangifera foetida yaitu kemang dan kweni. Padanan kata mangga lainnya adalah "mempelam" yang sering ditemukan pada naskah hikayat melayu kuno.

CIRI FISIK

  • Batang dan Akar
    Tanaman mangga termasuk kelompok pohon besar, tingginya mencapai 35 – 40 meter. Namun pada kultivar atau varietas tertentu ada pohon mangga yang sengaja dikembangkan agar tumbuh pendek dan berbuah banyak. Pohon mangga adalah tanaman berumur Panjang, bahkan beberapa spesiesnya dapat berbuah mencapai kedalaman 6 meter dan akar cabang menyebar ke samping.
  • Daun
    Mangga termasuk tanaman evergreen sehingga daunnya tetap hijau sepanjang tahun. Bentuk daunnya sederhana dengan ukuran Panjang 15–35cm, serta lebar 6 – 16cm. saat masih muda, daunnya berwarna jingga dengan semburat merah muda, kemudian dengan cepat berubah menjadi warna merah gelap yang berkilau, kemudian menjadi warna hijau tua saat dewasa.
  • Bunga
    Pohon mangga menghasilkan bunga yang tumbuh di cabang-cabang pohonnya. Ukuran bunga nya kecil, sekitar 5 – 10mm, bunga mangga berwarna putih dan beraroma lembut. Mangga memiliki 5 buah kelopak bunga.
  • Buah
    Pada umumnya, buah mangga matang di saat musim panas atau kemarau. Buah mangga butuh waktu sekitar 5 bulan dari masa berbunga hingga tumbuh menjadi buah yang matang. Buah mangga sangat bervariasi dalam.

BUDI DAYA DAN HABITAT
Habitat mangga adalah di dataran rendah dengan jarak mata air 100 meter, keadaan tanahnya subur dan juga gembur. Tanaman Mangga dapat tumbuh dan berproduksi di daerah tropik maupun sub-tropik. Mangga memerlukan sinar matahari penuh dan tanah yang subur serta berdrainase baik. Perawatan teratur seperti penyiraman dan pemupukan diperlukan untuk pertumbuhan dan hasil yang baik.

MANFAAT
Pohon mangga menghasilkan buah yang rasanya enak, segar, dan menyehatkan. Buah mangga mengandung vitamin A, C, E, K, folat, kalium, magnesium. Pohon mangga memiliki daun yang rimbun dan hijau yang bermanfaat untuk tempat berteduh dan kesegaran di lingkungan. Batang pohon mangga sangat kuat dan kokoh bermanfaat untuk pembuatan kayu mabel, pintu dan lain-lain.

TAKSONOMI

  • Kerajaan
    Plantae
  • Kelas
    Magnoliopsida
  • Ordo
    Sapindales
  • Famili
    Anacardiaceae
  • Genus
    Mangifera
  • Spesies
    M. indica