Beringin (Ficus Benjamina)

Beringin adalah tumbuhan asli yang berasal dari Asia dan Australia. Penelitian Grin (2012) dan Gargiullo (2008) mengatakan bahwa persebaran tanaman ini meliputi kawasan Asia Pasifik, Bhutan, India, Nepal, bahkan di hutan-hutan Costa Rica. Pohon beringin memiliki nama ilmiah, yaitu Ficus benjamina.

Pohon Beringin (Ficus benjamina) berasal dari famili Moraceae yang mudah tumbuh di berbagai kondisi lahan termasuk lahan kering. Beringin tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Mereka sering ditemukan di hutan hujan, di tepi sungai, dan di lingkungan dengan kelembaban tinggi.

Secara umum wilayah penyebaran pohon beringin adalah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta sebagaian Pulau Sulawesi. Negara-negara Asia lain yang juga menjadi habitat beringin adalah Malaysia, Brunei, Singapura, dan sekitarnya. Beringin juga tumbuh di Australia, sedangkan untuk wilayah Pasifik, pohon ini tersebar di Hawaii, Arizona, Florida dan Amerika.

CIRI-CIRI
Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi hingga 40−50 m dengan diameter batang mencapai 100−190 cm. Beringin memiliki daun berbentuk oval, daun tunggal. Beringin termasuk jenis tanaman berakar tunggang dan berwarna coklat. Akar pada pohon ini menyebar sehingga sanggup berperan sebagai penopang pohon besar tersebut. Bentuk persebaran akar pohon beringin mirip jaring sehingga berfungsi pula seperti sebuah jaring yang bisa mengamankan kebutuhan nutrisi pohon tersebut.

HABITAT DAN BUDI DAYA
Bibit untuk penanaman dapat berasal dari biji dan stek. Di kawasan tropis, Ficus benjamina L tersebar luas sering ditanam sebagai tanaman pinggir jalan. Pohon ini populer sebagai tanaman taman karena ketahanannya pada keadaan yang kurang baik. Habitat Pohon beringin tumbuh di hutan-hutan tropis, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian hingga 600 mdpl.

Beringin juga termasuk jenis pohon yang dapat tumbuh dan beradaptasi dengan tempat-tempat yang sulit, seperti misalnya di pegunungan kapur/karst dan dapat beradaptasi dengan berbagai jenis tanah, mulai dari tanah liat, berpasir, asam, basa, basah atau pun tempat yang kering.

Apabila ditanam di dalam rumah, beringin mampu tumbuh besar dan perlu dipindahkan. Daunnya sensitif terhadap pertukaran cahaya. Ketika dipindahkan ke pot atau daerah baru, beringin akan menggugurkan daunnya dan berganti dengan daun yang baru, karena menyesuaikan diri dengan cahaya.

MANFAAT
Beringin banyak dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh di taman-taman kota ataupun di alun-alun. Perakaran beringin dianggap mampu menembus lapisan air tanah dangkal dan dapat membuka aliran permukaan baru sehingga menjadi mata air. Oleh karena itu, pohon ini mempunyai jasa lingkungan yang sangat bermanfaat untuk kelestarian mata air, penahan erosi dan tanah longsor dan dimanfaatkan sebagai tanaman konservasi air dan ditanam di sekitar kawasan mata air atau sumber-sumber air. Akar gantung pada pohon beringin berfungsi untuk respirasi atau pernapasan.

TAKSONOMI

  • Kingdom
    Plantae
  • Divisi
    Magnoliophyta
  • Kelas
    Magnoliopsida
  • Ordo
    Urticales
  • Famili
    Moraceae
  • Genus
    Ficus
  • Spesies
    Ficus benjamina L.