Sirsak (Annona Muricata Linn)

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung).

Sirsak (Annona muricata Linn.) merupakan spesies dari pohon buah tropis yang termasuk dalam famili Annonaceae. Sirsak bukanlah tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke daerah-daerah tropis lain.

CIRI FISIK
Tanaman sirsak berbentuk pohon dengan model Troll dengan ketinggian mencapai 8-10 meter dan diameter batang mencapai 10-30 cm (Dasuki, 1991). Sirsak termasuk tanaman tahunan, memiliki perakaran tunggang yang dangkal, bunga berwarna kuning keputih-putihan serta buahnya berbentuk jorong yang memiliki duri sisik halus (Meiyanto, 2005).

HABITAT
Menurut Sunarjo (2005), sirsak mampu beradaptasi dan tumbuh baik di lingkungan tropis pada ketinggian 100-1000 m dari permukaan laut. Sirsak paling baik ditanam didaerah yang tidak tergenang air pada semua jenis tanah dengan derajat keasaman (pH) antara 5-7. Suhu udara yang sesuai antara 22-32◦C, dengan curah hujan yang dibutuhkan 1500-3000 mm/pertahun.

BUDI DAYA
Menanam Sirsak umumnya dengan mempergunakan bijinya, dapat juga dengan cara tempelan atau okulasi. Pohon sirsak dapat ditanam sebagai tanaman sela karena ukuran pohonnya tergolong kecil dan cepat berbuah (Radi, 1998). Tanaman ini termasuk berumah satu, di mana dalam satu tanaman terdapat dua kelamin bunga (jantan dan betina) yang masaknya tidak bersamaan waktunya, sehingga dalam sistem penyerbukannya diperlukan penyerbukan silang dari bunga lain.

MANFAAT TANAMAN
Manfaat sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya. Ekstrak daun sirsak memiliki kandungan zat yang berperan sebagai antitumor, antimikroba, antiparasit dan antivirus sebagai obat anti kanker (Wijaya, 2012). Selain untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker (Zuhud, 2011), tanaman sirsak dapat digunakan sebagai biopestisida nabati (Wulan, 2012). 

TAKSONOMI

  • Kingdom
    Plantae
  • Divisi
    Spermatophyta
  • Subdivisi
    Angiospermae
  • Kelas
    Dicotyledonae
  • Ordo
    Polycarpiceae
  • Familia
    Annonaceae
  • Genus
    Annona
  • Spesies
    Annona muricata L